Apa Penyebab Kanker Hati Pada Manusia?

      No Comments on Apa Penyebab Kanker Hati Pada Manusia?

Apa Penyebab Kanker Hati Pada Manusia? Ada tiga faktor utama yang menjadi penyebab kanker hati, yakni sirosis atau pengerasan hati, infeksi hepatitis B dan hepatitis C, serta penyakit hati alkoholik. Bagaimana proses terjadinya perubahaan pada sel-sel kanker dalam kanker hati masih belum bisa dipastikan. Namun, risiko kanker hati sepertinya meningkat seiring dengan kerusakan pada organ hati seperti penyakit sirosis.

Apa Penyebab Kanker Hati Pada Manusia?Kanker hati memang erat kaitannya dengan sirosis dan pembentukan jaringan parut pada organ hati. Organ hati yang normal terbentuk dari jaringan sel-sel yang lunak. Sirosis merupakan kondisi di mana jaringan hati yang normal telah mengeras akibat proses pembentukan jaringan baru dari sel-sel yang luka. Akibat sirosis, fungsi hati mulai menurun. Namun perlu diingat bahwa tidak semua penderita sirosis akan mengalami kanker hati.

Kanker hati memang bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, dewasa ataupun orang yang sudah berusia lanjut. Namun, kanker hati biasanya lebih sering di alami mereka yang berusia lebih tua, dari 40 hingga 50 tahun-an.

Faktor risiko lain

Kanker hati juga bisa dipicu oleh beberapa faktor ini, di antaranya :

Hepatitis autoimun

Kondisi genetik yang jarang terjadi ini bisa muncul saat sistem imun atau ketahanan alami tubuh yang biasanya melawan infeksi justru malah menyerang sel-sel hati yang sehat. Risiko pengidap hepatitis autoimun terhadap kanker hati lebih kecil dibanding penderita sirosis atau gangguan hati lain.

Sirosis bilier primer

Penyakit ini menyerang saluran empedu yaitu jaringan pipa yang berfungsi untuk mengalirkan empedu ke sistem pencernaan. Kerusakan saluran empedu kemudian menimbulkan penumpukkan empedu di dalam hati. Penumpukkan ini dapat merusak organ tersebut dan menyebabkan sirosis. Sekitar 5% pengidap sirosis saluran empedu stadium lanjut di perkirakan akan menderita kanker hati di masa yang akan datang.

Hemokromatosis

Sekitar 10 persen pengidap sirosis akibat hemokromatosis menderita kanker hati. Hemokromatosis ialah kondisi dimana genetis tubuh menyimpan terlalu banyak zat besi yang diserap dari makanan. Zat besi yang menumpuk akhirnya mencapai kadar yang meracuni dan merusak organ hati.

Bagi Anda penggemar alokohol, mulai dari sekarang sebaiknya hindari konsumsi alkohol. Karena alkohol merupakan salah satu dari penyebab utama timbulnya kanekr hati. Penyalahgunaan alkohol secara berulang kali dan berlebihan dapat merusak hati dan mengakibatkan pengerasan hati (sirosis) dan perubahan menjadi kanker.

Biasakan hidup sehat dan tinggalkan pola hidup buruk seperti gemar mengkonsumsi alkohol. Karena kesehatan merupakan modal utama dalam mengarungi bahtera hidup Anda. Semoga informasi mengenai penyebab kanker hati ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam memecahkan keingintahuan Anda mengenai apa penyebab kanker hati pada manusia. Salam sehat!

Posted by : Apa Penyebab Kanker Hati Pada Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *