Ciri dan Gejala Kanker Rabdomiosarkoma pada Anak

      No Comments on Ciri dan Gejala Kanker Rabdomiosarkoma pada Anak

Ciri dan gejala kanker rabdomiosarkoma pada anak yang harus diwaspadai!

Ciri dan Gejala Kanker Rabdomiosarkoma pada Anak – Rabdomiosarkoma atau Rhabdomyosarcoma merupakan sejenis kanker otot yang seringkali menyerang anak-anak atau balita.

Pada umumnya, kanker otot ( rabdomiosarkoma ) tergolong jenis kanker pada anak yang tidak mudah terdeteksi karena kebanyakan gejalanya samar.

Terlebih rabdomiosarkoma termasuk jenis kanker langkan, sehingga Anda sebagai orang tua harus lebih waspada terhadap hal ini mengingat kanker bukan merupakan jenis penyakit sembarangan dan sangatlah membahayakan kesehatan jika sampai salah terutama tidak diobati secara cepat.

Ciri dan Gejala Kanker Rabdomiosarkoma

Kenali Ciri dan Gejalanya!

Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa kanker otot atau rabdomiosarkoma terkesan samar sehingga sulit untuk diketahui. Pun gejala yang muncul tergantung dari besar, lokasi, serta stadium atau tingkat keparahan kanker yang dialami.

Dan berikut ini berbagai gejala yang mungkin muncul pada area tubuh tertentu:

  • Mata : Tumor di area otot mata mengakibatkan mata seperti menonjol keluar, terlihat seperti mata juling dan penglihatan terganggu.
  • Hidung, telinga, dan tenggorokan : Gejalanya berupa nyeri telinga, mimisa, hidung tersumbat dan keluar darah dari telinga.
  • Perut : Jika tumor/kanker terjadi pada perut gejalanya berupa muntah, perubahan pola BAB (buang air besar), serta rasa nyeri di perut.
  • Tumor pada kandung kemih, prostat atau vagina : gejalanya berupa keluar darah pada urine atau perdarahan dari vagina. Tumor yang sudah sangat besar bisa menyebabkan kesulitan buang air kecil atau besar.
  • Tumor pada otot leher, punggung, dada, lengan, tungkai, testis, dan selangkangan : Dengan gejala berupa benjolany yang kadang bisa menimbulkan nyeri dan berwarna kemerahan.

Di saat tumor atau sel kanker kian membesar dan parah atau telah menyebar ke organ lainnya, ini bisa menimbulkan keluhan seperti kesemutan dan kelemahan otot akibat saraf tertekan, serta batuk, pucat, nyeri tulang, dan sesak, tergantung dari penyebaran tumor atau sel kanker itu sendiri.

Sekedar informasi saja, bahwa sebenarnya rabdomiosarkoma atau kanker otot terbagi dalam beberapa jenis. Di antaranya meliputi:

  • Alveolar rhabdomyosarcoma,

yakni jenis kanker otot yang lebih sering dialami remaja dan menjangkiti otot lengan, dada, tungkai, serta perut. Kondisi ini membutuhkan perawatan intensif karena tubuh lebih cepat berkembang jika dibanding jenis rabdomiosarkoma lainnya.

  • Pleomorphic rhabromyosarcoma,

yakni jenis kanker otot yang lebih sering menyerang orang dewasa dan mengenai otot lengan dan tungkai.

  • Embryonal rhabdomyosarcoma,

yakni jenis kanker otot yang paling sering menjangkiti otot kepala, saluran kemih, alat kelamin dan leher. Meskipun tergolong cepat berkembang, tetapi biasanya dapat memberikan hasil baik dengan melakukan pengobatan.

Sumber : www.alodokter.com/ , https://hellosehat.com/

Jika dilihat dari tingkat penyebarannya yang tergolong cepat, kanker otot atau rabdomiosarkoma ini memerlukan penanganan khusus dan cepat seperti dengan melakukan operasi, kemoterapi atau radioterapi.

Tetapi jika Anda belum memiliki biaya yang cukup untuk melakukan tindakan medis tersebut, Anda bisa melakukan dulu pengobatan alternatif kanker rabdomiosarkoma dengan menggunakan obat herbal zedoril-7 ( ZDU ) yang diketahui sebagai obat herbal kanker nomor 1 di Indonesia, yang telah terbukti nyata khasiatnya secara klinis.

Meskipun pengobatan herbal membutuhkan waktu yang sedikit lama dibanding pengobatan medis, tetapi diketahui bahwa obat herbal tak kalah efektif dan tentunya lebih aman karena terbuat dari 100% bahan-bahan herbal yang ramah bagi organ tubuh meski dikonsumsi jangka panjang.

Demikianlah informasi seputar ciri dan gejala kanker otot atau rabdomiosarkoma yang dapat admin bagikan.

Semoga dengan adanya informasi ini menjadikan Anda lebih waspada dan tidak membiarkan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak artikelnya sampai akhir, semoga sehat selalu..

Posted by : Ciri dan Gejala Kanker Rabdomiosarkoma pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *